27 October 2015

Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Adalah Machiavelli yang mengatakan bahwa negara bertujuan mencapai kebesaran dan kehormatan bangsa. Bila memakai terminologi yang lebih seram, tujuan negara adalah kekuasaaan. Untuk mencapai kekuasaan, negara perlu mempunyai tentara yang kuat dan teratur, tetapi sederhana dan selalu siap menghadapi bahaya.

Machiavelli memisahkan dengan tegas antara negara dan kepentingan rakyat. Dalam pandangannya, kecakapan dan kekritisan rakyat akan menyebabkan keruntuhan, tetapi rakyat yang penuh rasa takut jika diintimidasi dengan hukuman berat maka akan menjadi berani. Dan rakyat yang berani jika diiming imingi hadiah, kekuasaan dan harta pasti akan rela bertempur sampai mati.

Tujuan negara menurut Imanuel Kant, mengatakan tujuan negara adalah menjamin kedudukan hukum yang teratur bagi segenap warga negara, warga negara dalam hal ini manusia, sejak lahir telah mempunyai hak hak dasar yang tidak dapat dikurangi yaitu hak hidup, hak berserikat, hak berbicara. Hak hak alamiah merupakan hak hak asasi yang tidak dapat dilepaskan. Supaya hak hak asasi terjamin dan tidak dilanggar oleh negara, kekuasaan harus dibatasi oleh konstitusi.

Labels:

1 Comments:

At 20:07 , Anonymous rental mobil palembang said...

artikel nya bagus dan masuk logika..

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home