9 June 2012

TIPE MANAJER


1.       Dominasi -Prestasi-Afiliasi
Kombinasi ini merupakan pola yang ideal, dimana keseimbangan dicapai diantara kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan cara yang hamper mirip dengan cara Zen. Hasilnya adalah suatu kombinasi produktif dari pengaruh, orientasi tugas dan tim kerja
2.       Dominasi-Prestasi
Konbnasi antara kebutuhan akan dominasi dan kebutuhan akan prestasi adalah hal yang lazim diantara para manajer. Mereka cenderung mengendalikan dan mengarahkan suatu tugas tanpa memandang apakah untuk tim kerja atau lebih banyak untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka member perintah dan mendelegasikan sedikit tanggung jawab. Tetapi organisasi-organisasi bottom line menghargai tipe pendekatan ini, dan banyak manajer yang memiliki kombinasi kebutuhan ini yang naik sampai puncak.
3.       Dominasi-Afiliasi
Kebutuhan akan dominasi yang menyatu dengan kebutuhan akan afiliasi membawa kebutuhan akan control dan pengaruh dengan kebutuhan akan ketertarikan dan kesetiaan kepada suatu kelompok. Manajer semacam ini menetapkan pencapaian tugas secara actual kepada para bawahan tetapi memberi mereka arahan dan pertanggungjawaban yang kuat. Gaya manajemen ini mempunyai suatu rasa yang sangat politis dan bisa efektif, jika tidak disalahgunakan.
4.       Prestasi-Afiliasi
Pada kombinasi ini, manajer memberikan suatu tugas untuk dilaksanakan dan menjaliln hubungan antarpribadi dengan orang-orang yang melaksanakan tugas itu, dalam bobot yang sama. Ini merupakan gaya manajemen yang sangat partisipatoris, dan manajer menjadi bagian dari tim. Kombinasi ini bisa menjadi gaya yang efektif jika tanggung jawab akhir dari manajer tidak dikorbankan. Sebaliknya, kombinasi ini tidak efektif jika manajer melepaskan peran yang sesungguhnya sebagai pengambil keputusan yang utama.
Reff: Benfari,Robert. Memahami gaya manajemen anda. Jakarta:pustaka binaman pressindo.1995


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home