1 February 2014

strategi pemasaran


1.       Analisis kesempatan ( opportunity analysis)
Yaitu mencari kemungkinan kemungkinan yag bersifat “keadaan khusus yang menguntungkan” (company marketing opportunity) yang mugkin timbul dari adanya kesempatan tertentu.
2.       Menentukan tujuan perusahaan (objectives)
Tujuan hendaknya dinyatakan dalam bentuk pemenuhan keperluan konsumen dengan memperhatikan kepentingan perusahaan itu sendiri.
3.       Perencanaan pasar (marketing plan)
Dalam marketing plan ada 3 hal yang paling penting, ialah :
a.       Penentuan harga (pricing) ; yang dilaksanakan secara terpadu dengan faktor lain.
Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pricing :
·         Jumlah permintaan (demand)
·         Jumlah biaya (cost)
·         Jumlah saingan (competition)
b.      Target penjualan dan proyeksi laba (sales target & profit projection)
Berapa volume penjualan yang ditargetkan dalam satu tahun dan berapa laba yang direncanakan.
c.       Anggaran pemasaran (marketing budget) ; berapa biaya yang dianggarkan untuk keperluan marketing (termasuk didalamnya biaya adpertensi, personal selling, dan promosi-promosi lainnya)
4.       Pengelompokkan pasar/mengambil posisi (market segmentation/positioning)
Yaitu mengelompokkan pasar menjadi beberapa kelompok atau type konsumen yang masing-masing mempunyai cirri-ciri, keperluan dan keinginan tertentu.
a.       Pengelompokkan pasar sangat penting artinya mengingat antara lain :
·         Masyarakat bersifat heterogen
·         Dengan memilih hanya satu kelompok/segment, berarti positioning akan dapat diterapkan konsep marketing secara efektif.
b.      Pengelompokkan pasar bisa didasarkan atas :
·         Kebiasaan (habitual/psychological)
·         Wilayah (area/geography)
·         Umur penduduk
·         Penghasilan (income)
·         Jenis kelamin
·         Dsb
c.       Market segment yang paling ideal adalah suatu market segment yang memenuhi syarat-syarat :
·         Cukup besar pasarnya (market space)
·         Mempunyai potensi untuk berkembang
·         Tak terlalu menarik banyak saingan
5.       Pemasaran terpadu (marketing mix)
Marketing mix adalah aktifitas pemasaran secara terpadu untuk mempengaruhi respons konsumen. Secara popular marketing mix dikenal dengan P-4 nya marketing, yang terdiri dari :
a.       Product (yang menyangkut produk, merek, ukuran, mutu, kemasan/bungkus, dll)
b.      Price (yang menyangkut penetapan harga, discount, kondisi-kondisi pembayaran yang dapat diberikan oleh perusahaan,dll)
c.       Place (yang menyangkut letak perusahaan, jalur distribusi-pedagang besar/agen tunggal-agen pengecer, dll)
d.      Promotion (yang menyangkut iklan/adpertensi, publisitas dan usaha-usaha sales promotion lainnya yang dilakukan oleh perusahaan)
Dengan perkataan lain maka dengan pemasaran terpadu berarti terwujudnya langkah-langkah kearah :
a.       Produknya harus memenuhi “needs and wants” dari konsumen yang dijadikan target market oleh perusahaan
b.      Harga harus terjangkau konsumen
c.       Tempat penjualan yang mudah dicapai
d.      Produknya harus dikenal terlebih dahulu dengan jalan-jalan promosi.
6.       Saat memasuki pasar (timing strategy)
Timing strategi adalah saat-saat mana yang paling tepat untuk mulai menjual produk kita. Memasuki pasar terlalu cepat, dapat merugikan bila ternyata “needs and wants” terhadap produk kita jumlahnya belum mencukupi. Tetapi sebaliknya adalah kurang baik pula bila kita memasuki pasar terlalu lambat, sehingga pasar sudah dikuasai oleh saingan.
Selain itu hendaknya diperhatikan pula apakah keadaan ekonomi sedang mengalami kelesuan (resesi) atau sedang baik, serta bagaimana sikap saingan apakah saingan sedang bersikap agresif atau pasif. Hal itu semua perlu diperhatikan dalam timing strategy.
7.       Pengangkutan produk
Dengan cara bagaimana produk tersebut disampaikan kepada konsumen, apakah dengan alat transportansi darat (truck, kereta api, kendaraan lain), melalui udara (pesawat terbang), dengan melalui air (kapal laut atau perahu di sungai-sungai) atau melalui sistim pipa (pipa lines) seperti halnya pengiriman minyak bumi.


Firdaus, Rachmat. 1985. Teori dan Analisa Kredit. Bandung : PT. Purna Sarana Lingga Utama

1 Comments:

At 17:35 , Blogger Fanny Chua said...

This comment has been removed by a blog administrator.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home