Selamat datang di Blog Aang Abdu Muamar Rauf, Semoga Isi dan Materi dari Blog saya dapat bermanfaat untuk semuanya. Setelah mengunjungi dan melihat atau copy materi atau isi, silahkan berikan komentar

23 June 2017

Menjadi Marketing Sukses

Dalam kehidupan sehari hari, marketing memang sangatlah dibutuhkan. Sebagai contoh, ketika anda sedang melamar pekerjaan, secara tidak langsung saat itu anda sedang menawarkan diri anda untuk dipilih menjadi salah satu karyawan diperusahaan yang sedang anda tuju. Dalam proses interview, biasanya pewawancara meminta anda untuk menunjukkan sisi positif anda agar perusahaan tersebut dapat mempekerjakan anda. Jika anda dapat menjalani proses interview tersebut dengan baik, berarti anda secara tidak langsung telah berhasil menawarkan diri anda untuk dipilih sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), pemasaran memiliki dua pengertian. Pertama. Proses,cara perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Kedua, perihal menyebarluaskan ke tengah tengah masyarakat. Menurut Willian J. Santon, Pemasaran bisa diartikan sebagai keseluruhan system dari berbagai kegiatan bisnis yang meliputi, kegiatan kegiatan bisnis yang ditujukkan untuk merencanakan proses penentuan harga, mempromosikanm hingga proses mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.

Menurut Philip Kotler, marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Selain itu, Philip kotler dan Amstrong juga memberikan pengertian bahwa marketing bisa diartikan sebagai suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Peter Ducker yang dikenal sebagai salah seseorang pencetus teori manajemen menyebutkan bahwa orang yang dapat mengasumsikan bahwa akan selalu ada kebutuhan akan penjualan. Tujuan inti pemasaran bukanlah untuk memperluas penjualan, tetapi untuk memahami dan mengetahui pelanggan sehingga petugas pemasaran bisa tahu apakah produk yang akan dijual tersebut sesuai atau tidak dengan konsumen. Idealnya, seorang petugas pemasaran harus bisa menghasilkan seorang pelanggan yang bersedia membeli. Selanjutnya hanya tingga menyediakan produk atau jasa.

Disamping itu ada juga beberapa ahli ekonomi yang mendefinisikan marketing dalam dua pengertian, pertama. Marketing merupakan usaha untuk berbicara langsung dengan market (pasar) sehingga proses penawaran yang dilakukan oleh para pelaku marketing bisa lebih efektif dan efisien. Kedua, marketing bisa diartikan sebagai proses mencari cara untuk mendidik tentang manfaat dari sebuah produk (barang dan jasa) sehingga penjualan yang dilakukan tidak hanya focus pada harga semata, tetapi juga nilai manfaat dari produk yang ditawarkan tersebut.

Definisi pemasaran bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Jadi, kita bisa membuat sebuah kesimpulan bahwa pengertian dari pemasaran adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,menentukan harga,promosi,dan mendistribusikan barang barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Sumber Buku :
Marwanto, Aris. 2015. Marketing sukses (Ide Cemerlang Seputar Dunia Pemasaran). Yogyakarta:KOBIS.


0 comments:

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys