PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
Pasar adalah hasil dan kegiatan atau proses yang dinamakan pemasaran.
Jadi dengan kata lain pemasaran adalah kegiatan manusia dalam
hubungannya dengan pasar. Dalam arti sempit pemasaran sering diartikan
sebagai kegiatan menyalurkan atau mendistribusikan barang/jasa kepada
konsumen. Pengertian pemasaran dalam arti luas salah satunya adalah
seperti apa yang dikemukakan oleh Philip Kotler sebagai berikut:
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan
kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan,
penawarkan produk yang bernilai satu sama lain.
Manajemen pemasaran berasal dan dua kata
yaitu manajemen dan pemasaran. Pengertian manajemen pemasaran tersebut
merupakan pengertian gabungan dan dua pengertian kata tersebut. lstilah
manajemen secara sederhana sering diartikan sebagai pengelolaan,
pengaturan, pembinaan, penataaan, dan istilah-istilah lainnya.
Pengertian manajemen secara luas (definisi) sangat banyak sekali, tetapi
dan definisi-definisi yang ada tersebut secara garis besar memiliki
unsur-unsur yang hampir sama. Manajemen secara secara umum diartikan
sebagai suatu proses yang di dalamnya secara garis besar tercakup
fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan,
dan pengevaluasiaan. Atau secara sederhana fungsi-fungsi tersebut
dikatagorikan ke dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
Salah satu pengertian manajemen pemasaran
adalah seperti yang dikemukakan oleh Philip Kotler yang mengutip
definisi yang digunakan oleh Persatuan Pemasaran Amerika sebagai
berikut: Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
dan perwujudan, pemberian harga, promosi, dan distribusi dan
barang-barang, jasa, dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan
kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.
Definisi lain yang senada dikemukakan
juga oleh Kotler dan Gary Amstrong yaitu sebagai berikut: Manajemen
Pemasaran adalah analisisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian
atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran
dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi. Manajemen pemasaran
diperlukan dalam proses pertukaran, karena proses tersebut memerlukan
banyak tenaga dan keterampilan. Bagaimana mengelola atau mengatur
kegiatan, keterampilan, tenaga, dan sumberdaya, dan aspek-aspek lainnya
yang diperlukan akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya organisasi
mencapai sasaran dan tujuan pemasaran.
reff : http://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-sim/bank-lembaga-keuangan-lain/
Labels: MANAJEMEN
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home