25 July 2012

KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi antarpersonal adalah proses penyampaian informasi, ide dan sikap dari seseorang kepada orang lain. Sedangkan Komunikasi Massa adalah penyampaian informasi, ide dan sikap kepada banyak orang (biasanya dengan menggunakan mesin atau media yang di klasifikasikan ke dalam media massa, sepereti radio siaran, televisi siaran, surat kabar/majalah dan film). 

Perbedaan antara komunikasi antarpersonal dengan komunikasi massa :
  • sumber (pelaksan) komunikasi massa dihadapkan pada suatu beban tugas yang berat dalam menyampaikan pesan-pesan kepada audien. Hal ini terjadi karena beragamnya audien komunikasi massa itu. Para pelaksana komunikasi massa secara demografis mungkin saja mengetahui usia rata-rata dan keadaan sosial ekonomi serta status ekonomi mereka secara rata-rata pula. Tetapi mereka tidak akan tahu secara jelas tingkah laku individu para pembaca, penonton atau pendengarnya. 
  • Dibandingkan dengan komunikasi antarpersonal, Feed back komunikasi massa sukar diperoleh. Apabila seseorang berbicara dengan orang lainnya yang kebetulan temannya, ia dengan cepat akan mengetahui apakah lawan bicaranya itu mendengarkan atau tidak mengerti atau tidak setuju atau tidak ataupun setuju dengan apa yang dikatakannya. Melalui komunikasi massa hal yang demikian mustahil cepat diketahui.
  • Audience komunkikasi massa dibanding dengan komunikan komunikasi antarpersonal lebih besar kemungkinannya menyalah artikan pesan komunikasi melalui selektive attention, perception, dan retention. Orang dengan mudah mematikan pesawat radio apabila acara yang disiarkan tidak berkenan dihati . Untuk menyuruh orang berhenti bicara tentu tidak semudah itu.
  • Sistem komunikasi massa lebih rumit dibandingkan dengan sistem komunikasi antarpersonal. Sumber setiap pesan dapat saja lebih dari satu dengan pendapat serta pandangan saling berbeda. Oleh karena itu, Pesan komunikasi massa merupakan produk bersama
Berdasarkan sifat-sfat komponen, komunikasi massa mempunyai ciri-ciri khusus sebagai berikut :
  • Berlangsung satu arah. Bandingkan dengan komunikasi antarpersonal yang berlangsung dua arah. Dalam komunikasi massa Feed back baru dapat diperoleh setelah komunikasi berlangsung.
  • Komunikator pada komunikasi massa melembaga. 
  • Pesan-pesan bersifat umum
  • Melahirkan keserempakan 
  • Komunikan komunikasi massa bersifat heterogen


Referensi : Suprapto, Tommy. Pengantar teori dan manajemen komunikasi. Media Pressindo.  

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home